cool hit counter

PWM Jawa Timur - Persyarikatan Muhammadiyah

 PWM Jawa Timur
.: Home > Majelis Pustaka dan Informasi

Homepage

Landasan Kerja Majelis Pustaka dan Informasi PWM Jawa Timur

  1. Keputusan Muktamar Muhammadiyah Ke 46 Tentang Program Muhammadiyah 2010-2015           

   Bab II (Program Muhammadiyah Jangka Panjang)

      F.10.  Program Bidang Pustaka dan Informasi

                                       a. Rencana Strategis

Membangun kemampuan dan keluasan jaringan kekuatan informasi serta pustaka Muhammadiyah sebagai organisasi Islam modern di tengah era kehidupan masyarakat informasi.

b. Garis Besar Program

1)   Mengorganisasi dan memperluas kelengkapan perpustakaan dan fungsi-fungsi pustaka sebagai sumber pengembangan pengetahuan dan informasi bagi kemajuan Persyarikatan.

2)   Meningkatkan kemampuan penguasaan teknologi informasi dan media publikasi sebagai instrumen bagi pengembangan peran-peran Persyarikatan dalam menjalankan misi di tengah kehidupan.

3)    Pengembangan kerjasama dalam pengelolaan pustaka dan publikasi secara lebih terorganisasi.


     Bab  III. Program Muhammadiyah 2010-2015 (Visi Muhammadiyah 2015)

                   F.11. Program Bidang Pustaka dan Informasi

a.    Visi Pengembangan

Terbangunnya budaya pustaka dan informasi sebagai organisasi Islam modern di tengah dinamika perkembangan   masyarakat yang kompleks.

b.    Program Pengembangan

1)   Mengembangkan dokumentasi sejarah, karya intelektual, dan sistem pustaka termasuk di   dalamnya mengembangkan E-Library (perpustakaan digital) dan distribusi kepustakaan di seluruh jenjang pimpinan Muhammadiyah.

2) Peningkatan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan yang berfungsi untuk pengembangan pengetahuan dan informasi warga persyarikatan dan masyarakat luas.

3)   Melaksanakan pelatihan pustakawan dan public relations dalam menunjang pelayanan dan fungsi-fungsi tugas persyarikatan.

4)  Mengembangkan sistem informasi Muhammadiyah yang unggul dan lengkap disertai pemanfaatan multimedia dan teknologi informasi untuk menopang aktivitas persyarikatan meliputi media elektronik, dalam hal ini radio dan televisi, media internet dan mobile devices, media cetak, integrasi database personal/kader, kantor maya, sistem aplikasi profil Muhammadiyah, digitalisasi dokumen, Distro Linux Muhammadiyah, dan lain-lain.

5) Menyusun database profil, kegiatan, amal usaha, dan pendataan multimedia di lingkungan Muhammadiyah.

6)  Mengelola website Muhammadiyah, pengembangan aplikasi KTAM, pengembangan aplikasi SiMajelis, radio komunitas, dan jaringan antar media di lingkungan Muhammadiyah.

7)   Meningkatkan pelayanan publikasi baik yang bersifat cetak maupun elektronik sebagai bagian penting dalam pengembangan syi’ar persyarikatan.

8)    Menerapkan pengendalian dan penjaminan mutu penerbitan di lingkungan Muhammadiyah.

 

  1. Keputusan Musywil Muhammadiyah Jawa Timur Ke 14 tahun 2010 Tentang Program Muhammadiyah Wilayah Jawa Timur2010-2015
                                      b. Program Pengembangan Majelis Pustaka dan Informasi

1.   Pengadaan Perustakaan yang memadai di kantor wilayah dan daerah, teruta,a bahan pustaka yang berisi dokumen-dokumen Persyarikatan (buku, skripsi, tesis, disertasi,hasil penelitian dll) sehingga mudah menjadi rujukan publik

2.     Mendorong warga untuk mengembangkan minat baca sebagai pengamalan perintah iqra’ sekaligus sebagai upaya mempeluas wawasan dengan mengadakan kajian buku keIslaman dan keMuhammadiyahan, serta secata terus menerus mengikuti perkembangan persyarikatan dengan berlangganan majalah MATAN. Sedangkan bagi lembaga pendidikan harus memiliki sarana perpustakaan yang memadai sebagai pusat kegiatan keilmuan

3.   Memanfaatkan MATAN dan Suara Muhammadiyah sebagai sarana publikasi kegiatan di semua tingkatan sekaligus sebagai sumber informasi resmi.

4.  Mengoptimalkan pemanfaatan media cetak dan elektronik agar dapat mengkomunikasikan kegiatan Muhammadiyah kepada masyarakat luas.

5.   Pelatihan tenaga public relation di tingkat wilayah dan daerah agar dapat mengkomunikasikan kegiatan Muhammadiyah kepada masyarakat luas

6.       Menyusun database profil, kegiatan, amal usaha di lingkungan Muhammadiyah.

7.       Membangun database dan sistem informasi Muhammadiyah Jawa Timur bekerjasama dengan PTM
 

under construction....


Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website